Senin, 25 Januari 2010

Kehamilan Usia 1-4 Minggu

Awal minggu pertama kehamilan, bunda hanya merasakan tanda-tanda berupa tidak mengalami siklus mentruasi seperti biasa dan diikuti dengan perasaan kelelahan atau emosi yang agak berlebih.


Pada beberapa orang masih dimungkinkan adanya vlek darah yang ringan seperti mengalami menstruasi tapi hanya terjadi selama 1 hari. Pada masa ini bunda dapat mencoba untuk melakukan tes kehamilan yang dapat dilakukan dengan menggunakan Test Pack yang mudah ditemukan di apotik terdekat atau ke laboratorium setempat. Setelah itu bunda bisa mencari dokter kandungan atau bidan yang akan mendampingi selama kehamilan sampai saat melahirkan.




Pada periode ini, bunda disarankan untuk memulai menggunakan vitamin tambahan khusus ibu hamil atau asam folat atau susu yang mengandung vitamin dan asam folat. Pada fase ini, janin bunda masih sangat kecil tetapi sudah mulai terbentuk kepala dan jantung (mulai berdetak meski masih sangat pelan).


Janin tersebut juga sudah mulai terbentuk kelamin laki-laki atau wanita berdasarkan kromosom yang terdapat pada sperma.

2 komentar:

Thariq mengatakan...

oo gitu ya...

Pu mengatakan...

pada umur 1-4 minggu blum ada pembentukan kepala ato yg laen pada usia 1-4 minggu kalu di USG hanya terlihat ada satu bulatan hitam dalam rahim yg disebut kantong gestasi.