Minggu, 21 Februari 2010

Bussines Day di Islamic Full Day School Denpasar


Bingung mencari sekolah untuk anak anda ketika anda dipindah tugaskan ke Pulau Dewata? Mmm....Tidaklah mudah mencari sekolah islami yang berkualitas di Pulau Dewata. Saya punya rekomendasi nih salah satu sekolah yang berkualitas, denger-denger sih jadi incaran para orang tua yang sering berpindah-pindah dinas. Al Banna School namanya. 

Sekolah ini mempunyai konsep Islamic Full Day School, paginya anak-anak ada hafalan surat dalam Al-Qur'an, ngaji, baru deh masuk ke aktivitas belajar. Nah, kalau di unit SD nya sendiri (biasanya banyak disebut SDIT AL BANNA), punya program kegiatan di tengah semester, namanya KTS.





Biasanya dalam rangkaian KTS ini, anak-anak selama 3 hari, tidak ada kegiatan belajar mengajar seperti biasanya. Akan tetapi, anak-anak akan kunjungan ketempat-tempat tertentu di Denpasar dan sekitarnya. Ada     Life Skill, Gardening Day, Bussines Day. Nah, kalao di Bussines Day, anak-anak itu antusias sekali menyambutnya. Karena pada acara Bussines Day ini, anak-anak akan berlatih mengembangkan jiwa 'pengusaha' secara berkelompok, biasanya setiap satu kelas akan dibagi menjadi beberapa kelompok. Dan setiap kelompoknya diberikan sejumlah modal untuk berbelanja sejumlah barang. Barang-barang yang sudah dibeli tersebut, kemudian mereka jual kembali dengan membuka stand secara berkelompok. Mereka pun harus berusaha menjajakkan barang dagangannya untuk mendapatkan uang. Setelah berjualan, maka pemasukan mereka kumpulkan dan diserahkan ke wali kelas masing-masing, untuk dihitung berapa keuntungan yang didapatkan. Wah, anak-anak antusias sekali ketika proses perhitungan tersebut. Keuntungan  dagang mereka dikembalikan kepada setiap kelompok, sehingga setiap orang dalam kelompok tersebut mendapatkan sejumlah uang. Akan tetapi, tidak semua kelompok  mendapatkan untung, ada juga yang mengalami kerugian. Biasanya kelompok yang merugi sedih, karena kecewa tidak mendapatkan sejumlah uang, tetapi, harus memikirkan bagaimana mereka harus mengembalikan modalnya (jika merugi), atau mencoba mejual sisa barang dagangannya. Yah, namanya juga anak-anak, tetap senang melaksanakan Bussines Day....


4 komentar:

Thariq mengatakan...

trus uminya gk ikut jualan?hehehe

widya mengatakan...

gk boleh bi..umi kebagian ikut beli nya..hehe...

Unknown mengatakan...

Mohon bantu Info dong ... Saya Pindahan dari Kota Bandung ingin memasukkan Putri saya di Albana School SMA kelas 2 IPS, kok susah banget sih . Apa tidak ada Prioritas buat siswa pindahan ? Karena Orang Tuanya pindah ke Pulau Dewata ? Please Info ya .

Unknown mengatakan...

hi bun...sy juga mau masukkan anak sy ke albanna, krn sy msh di medan jadi sy hubungi b
via telp aja. tp kok gak ada respon lagi y? kalo dulu brp biayanya?